Kamis, 04 Juli 2019

Gaji Pramugari Garuda dan Tahapan Seleksinya


Ketika anda sedang bepergian menggunakan pesawat, anda tentu tak asing dengan berbagai bantuan yang dilayani oleh pramugari. Pramugari membantu kita selama perjalanan, mulai dari membantu mengarahkan kita ke nomor kursi yang sesuai dengan yang ada di tiket, menyusun barang yang ada di bagasi kabin, memasang seatbelt, hingga menunjukkan cara pemakaian peralatan keselamatan.

Kecakapan pramugari dalam memberi pelayanan pada penumpang membuat kita kagum. Oleh karenanya, banyak orang yang berimpian menjadi pramugari, khususnya di maskapai nasional seperti Garuda Indonesia. Selain itu, faktor tingginya Gaji Pramugari Garuda juga menjadi pertimbangan.

Sudah menjadi info yang umum bahwa menjadi pramugari memiliki gaji yang tinggi. Bahkan, beredar isu yang mengatakan bahwa gaji pramugari menyentuh angka puluhan juta rupiah per bulan. Besaran gaji itu lah yang membuat banyak wanita berkeinginan untuk menjadi seorang pramugari. Lalu, bagaimana dengan gaji pramugari maskapai nasional seperti Garuda Indonesia?

Gaji Pramugari Garuda Indonesia


Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional yang dimiliki pemerintah. Garuda Indonesia dikenal sebagai maskapai terbaik nasional dan pernah meraih beberapa penghargaan di dunia penerbangan. Di antaranya, di tahun 2013, Garuda Indonesia mendapat dua penghargaan dari Skytrax yaitu “World Best Economy Class” dan “World Best Economy Class Seat”.

Pada pertengahan tahun 2014 hingga tahun 2018, Garuda Indonesia mendapat penghargaan “World’s Best Cabin Crew”. Tidak heran jika krunya dikenal dengan pelayanan yang memuaskan, termasuk para pramugarinya.

Gaji yang diterima seorang pramugari terdiri dari gaji pokok dan tunjangan-tunjangan lainnya. Biasanya, gaji pokok pramugari berada di bawah Rp 8 juta. Namun jika ditambah tunjangan, maka bisa menyentuh angka belasan hingga puluhan juta. Untuk pramugari dari maskapai Garuda Indonesia, gaji setelah tunjangan adalah Rp 15 juta sampai Rp 20 juta.

Meskipun begitu, banyaknya jam terbang juga memungkan para karyawannya untuk mendapat honor lebih. Mengingat Garuda Indonesia tidak hanya melayani penerbangan domestik, namun juga penerbangan internasional.

Baca juga: Benarkah Gaji Pramugari Garuda Lebih Besar Dibanding Maskapai Lain?

Tahapan Seleksi Kerja Pramugari Garuda


Untuk menjadi seorang pramugari tidak lah mudah. Serangkaian tahap seleksi harus dilalui dengan standar yang tinggi dan persaingan yang kuat. Untuk mengetahui lowongan kerja pramugari di Garuda, biasanya akan terinfo lewat situs resmi www.garuda-indonesia.com, atau pihak Garuda bekerja sama dengan lembaga penyedia lowongan kerja tertentu (yang aman dan terpercaya).

Tahapan seleksi terdiri dari:

1. Tes Penampilan Pramugari

Ini adalah tes yang menilai simulasi keramahan saat melayani penumpang, serta penampilan calon pramugari. Tinggi badan dan berat badan harus proporsional. Serta make up, cara berpakaian dan cara berjalan juga dinilai.

2. Tes Psikologi Pramugari

Tes ini sama dengan tes psikologi pada umumnya yang dikerjakan pelamar kerja. Yakni berupa tes menggambar, tes bakat dan keterampilan. Akan ada juga tes bahasa Inggris.

3. Tes Wawancara User

Selanjutnya, akan ada tes wawancara dengan user atau atasan yang akan bertanggungjawab pada kinerja pramugari baru. Pastikan kamu tahu mengenai info maskapai Garuda Indonesia.

4. Tes Wawancara Kompetensi

Beberapa pertanyaan mengenai pengalaman pribadi kamu akan ditanyakan di tahap ini. Kemampuan-kemampuan lain yang kamu kuasai dan berhubungan dengan public service juga akan menjadi pertimbangan apakah kamu lolos ke babak selanjutnya atau tidak.

5. Tes Kesehatan

Setiap calon pramugari akan dicek kondisi kehatannya secara fisik. Mengingat syarat utama menjadi pramugari adalah harus sehat jasmani dan rohani.

6. Tes Aspek Keamanan

Di tes ini, kebenaran data dari dokumen-dokumen yang kamu kumpulkan akan dicek. Seperti KTP, Ijazah, Surat Keterangan Belum Menikah, dan lain-lain.

7. Tes Pantuhir

Ini adalah tahap terakhir, dimana calon pramugari akan bertemu dengan jajaran direksi. Para direksi itu akan melakukan wawancara singkat dengan calon pramugari, dan melihat bagaimana kemampuan awal si calon pramugari saat melayani penumpang.

Jika kamu lolos seleksi, kamu akan menjadi pramugari Garuda dengan gaji yang terbilang tinggi. Selain itu, terdapat juga beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menjadi pramugari Garuda. Baca info selengkapnya di link berikut:
https://www.cekaja.com/info/selain-gaji-dua-digit-ini-sederet-keuntungan-jadi-pramugari-garuda-indonesia/

1 komentar:

Resiko Bermain Saham yang Sebaiknya Anda Tahu Sebelum Menerjuninya

Meskipun menanam saham dapat dibilang memberikan keuntungan yang sangatlah besar, maka sebagai pelaku penanam saham pun juga haruslah ...